Senin, 10 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010

Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010

A. Fungsi Menu pada Microsoft Word : 
        ToolBar Menu : ToolBar Menu merupakan kumpulan tombol perintah yang digunakan dalam Microsoft Word. 
    1. Menu File

  • New : Membuat file yang baru
  • Open : Membuka File yang pernah kita buat
  • Close : Menutup file yang sedang kita buka
  • Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah disimpan dan diberi nama
  • Save As : Menyimpan file yang baru 
  • Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
  • Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
  • Print Preview : Menampilkan hasil kerja yang telah kita buat pada kertas
  • Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat 
  • Sent To : Mengirimkan dokumen
  • Properties : Melihat detail
  • Exit : Keluar dari Program Ms. Word

    2. Menu Insert

  • Page Numbers : Memberi nomor halaman
  • Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
  • Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
  • Comment : Menyisipkan komentar
  • Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
  • Picture : Menyisipkan gambar
  • Diagram : Menyisipkan diagram
  • Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
  • File : Menampilkan toollbar markup
  • Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
  • Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

    3. Menu Page Layout
    a. Margins berfungsi untuk menentukan ukuran margin kanan kiri atas dan bawah tulisan
    b. Orientation berfungsi untuk menentukan kertas horizontal atau vertical
    c. Size berfungsi untuk menentukan ukuran size lembar kerja

    4. Menu Mailings
1). Group Create

  • Envelopes, berfungsi untuk membuat serta mencetak tulisan tentang pengirim dan penerima surat pada amplop yang akan digunakan untuk mengirim surat. 
  • Labels, berfungsi untuk membuat serta mencetak tulisan pada label sesuai dengan bentuk dan ukuran label yang akan diberi tulisan.
2). Group Start Mail Merge

  • Start Mail Merge, berfungsi untuk membuat surat yang dapat dikelola untuk banyak orang sekaligus. 
  • Select Recipients, berfungsi untuk membuat dan mengelola daftar penerima surat.
  • Edit Recipient List, befungsi untuk mengadakan perubahan pada daftar penerima surat.
3). Group Write & Insert Fields 

  • Address Block, berfungsi untuk memasukkan alamat tujuan pada surat yang dibuat.
  • Insert Merge Field, berfungsi untuk memasukkan informasi tambahan tentang penerima surat.
  • Update Labels, befungsi Untuk memperbarui label surat sesuai dengan keadaan terkini. 
4). Group Preview Results

  • Preview Results, berfungsi untuk melihat surat beserta daftar penerima yang telah dibuat.
  • Find Recipient, berfungsi untuk mencari identitas penerima surat sesuai dengan daftar penerima surat yang telah dibuat.
   5. Menu Review
Fungsi Menu dan Ikon Tab Review.
1. Kelompok Proofing

  • Spelling : Memeriksa ejaan teks
  • Research : Membuka panel penelitian referensi
  • Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain

         2. Kelompok Comments

  • Comment : Memasukkan komentar baru
  • Delete : Menghapus komentar
  • Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya.
  • Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
  • Show All Comments : Perlihatkan semua komentar

6. Menu View
    Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen

  • Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen.
  • Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
  • Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
  • Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
  • Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja
  • Header and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
  • Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

B. Fungsi Microsoft Word
    Microsoft Word memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut ;

  1. Membuat dokumen dan menyimpan dokumen
  2. Dapat membuat tulisan yang bervariasi
  3. Bisa membuat grafik dan table
  4. Membuat surat
  5. Memasukkan gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar