Senin, 10 Juni 2019

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Membuat Surat Masal

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam Membuat Surat Masal


  1. Terlebih dahulu kita membuat surat dengan ketentuan mengosongkan nama penerima dan alamat.
  2. Klik Tab Menu Mailing pilih Start Mail Merge dan pilih Letter untuk membuat undangan.
  3. Langkah selanjutnya yakni dengan Membuat sumber data (penerima) Klik Select Recipient lalu pilih Type New List.
  4. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk menginput data penerima. Karena yang kita inputkan hanya dua saja maka kita pilih Costumize Column untuk mengganti nama kolom. 
  5. Setelah itu hapus semua kolom data, dan ganti dengan menambahkan kolom Penerima dan Ketua Program Studi. OK.
  6. Inputkan nama penerima serta alamatnya kemudian save.
  7. Setelah data sudah terinput, masukan penerima kedalam surat pilih Insert Merge Field, pilih sesuai data yang dikosongkan tadi.
  8. Setelah data terisi semua Klik Priview Result dan untuk mengganti nama yang lainnya tekan panah kecil pada Priview Result.
  9. Untuk mencetak semua surat Klik Finish & Merge lalu pilih Print Document. All untuk mencetak semua dokumen / surat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar